Sejarah dan Cara Memasak Nasi Liwet


Indonesia adalah salah satu negara tekenal dengan berbagai macam ke-anekaragaman-nya. Ke-anekaragam-an Indonesia meliputi banyak hal, tidak hanya pada ras, agama, dan budaya, namun juga dari segi kulinernya. Indonesia yang terkenal dengan negara tropis dan memiliki berbagai macam rempah-rempah, mempunyai banyak sekali makanan khas terlebih masing-masing daerah memiliki ciri khas masakannya masing-masing.

Beberapa makan khas indonesia yang mendunia adalah bakso, rendang, nasi goreng, dan aneka macam olahan nasi lainnya. Nasi sudah sejak lama menjadi makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia, sehingga setiap hari sebagian dari mereka makan nasi. Dari intensitas makan nasi yang sering, tentu saja olahan nasi menjadi semakin beraneka ragam. Selain nasi goreng, nasi liwet merupakan salah satu olahan nasi yang sudah menjadi masakan umum yang bisa dibuat dirumah sendiri.

Liwet (Ngliwet) dalam KKBI merupakan cara memasak dengan merebusnya. Sedangakan nasi liwet sendiri adalah nasi yang diliwet atau nasi yang dimasak dengan cara direbus dengan menambahkan bumbu dan rempah tertentu. Nasi liwet mulanya berawal dari Jawa, namun kini nasi liwet menjadi masakan umum khas Indonesia. Beberapa nasi liwet yang terkenal dari beberapa daerah diantaranya nasi liwet tradisional, nasi liwet Solo dan nasi liwet sunda.

Nasi liwet tradisional dibuat dari berbagai rempah-rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, dan beras beserta air untuk Ngeliwet dengan tambahan garam secukupnya. Untuk memasak nasi liwet tradisional, berbagai rempah tersebut cukup diiris-iris saja kemudian dimasukkan kedalam campuran beras dan air untuk diliwet didalam panci dengan api kecil selama 30 menit. Setelah matang, nasi liwet disajikan dengan beberapa lalapan khas seperti sambal, ikan asin, tempe ataupun kerupuk. Sedangkan dalam pembuatan nasi liwet Solo, masyarakat Solo menambahkan santan sebagai pembeda dan penambah rasa gurih kedalam nasi liwet mereka. Selain penambahan santen pada proses memasak, dalam penyajiannya nasi liwet didampingi dengan pelengakap yang lebih banyak selain lalapan, seperti ayam suwir, telur pindang dan lain sebagainya.

Berbeda dengan sajian nasi liwet di Solo, nasi liwet sunda justru bermula dari penghematan. Nasi liwet sunda awalnya merupakan makanan masyarakat sunda golongan menengah kebawah. Dalam penyajiannya, nasi liwet dimasak bersama dengan ikan asin saja yang dicampurkan bersama beras dan bumbu lainnya pada saat Ngliwet, tanpa tambahan lalapan lainnya seperti nasi liwet tradisional pada umumnya atupun nasi liwet Solo. Namun kini nasi liwet sudah mulai disajikan secara modern bahkan direstoran-restoran ternama sekalipun sehingga anda bisa pesan nasi liwet disana, nasi liwet juga bisa dibuat dengan pe-nanaknasi (rice cooker) tanpa perlu repot menggunakan kompor dan panci liwet.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah dan Cara Memasak Nasi Liwet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel