Tanya Dokter Mata Tentang Masalah Pada Mata dan Cara Menjaganya


Mata merupakan indra penglihatan pada manusia dan memiliki beberapa bagian dengan peran penting untuk mendukung penglihatan dan mampu menangkap cahaya terang maupun gelap, benda dan warna yang terlihat. Bagian luar mata terdapat alis mata yang berada diatas kelopak mata sebagai pelindung mata dari kotoran dan air yang masuk ke mata. Terdapat juga kelopak mata yang dapat menutupi sebagian atau maupun membuka dan menutup mata yang refleks melakukan kedipan dengan fungsi untuk membersihkan mata dan melindunginya. Tanya dokter mata bulu mata merupakan bagian ujung dari kelopak mata dengan fungsi untuk menyaring intensitas cahaya pada mata dan terdapat kelenjar untuk menghasilkan lemak sehingga kelopak tidak lengket ketiak berkedip.

Pada bagian dalam mata terdapat dinding bola mata yang memiliki 3 dinding. Sklera merupakan dinding luar yang berwarna putih buram dengan fungsi pembungkus dan pelindung bola mata jika terjadi kerusakan. Korena yang berada depan skera dan menjadi bagian bening cembung atau kornea sebagai fungsi untuk melindungi bagian lensa mata dan mampu meneruskan cahaya yang akan masuk menuju mata. Bagian koroid pada dinding lapisan tengah untuk memudahkan dalam transfer oksigen yang memberikan fungsi sebagai penyuplai nutrisi dan membantu supaya cahaya tidak dipantulkan. Retina yang terdapat sel batang yang peka dengan cahaya dan sel kerucut peka terhadap cahaya kuat.

Berikut adalah beberapa masalah pada mata diantaranya:

  1. Rabun jauh merupakan kondisi pada mata tampak samar ketika melihat benda dalam jarak yang jauh dan termasuk faktor genetik, untuk itu penderitanya menggunakan lensa, kacamata atau operasi laser mata.
  2. Rabun dekat merupakan kondisi mata dimana tampak samar ketika melihat objek berjarak dekat dan biasanya karena faktor genetik dan penanganannya dengan penggunaan kacamata hingga operasi laser mata.
  3. Rabun senja merupakan keadaan mata tidak dapat melihat dengan pencahayaan buruk, malam hari maupun tempat gelap, penyebabnya adalah kekurangan vitamin A dan mengalami rabun dekat dengan penyembuhan yang belum dimiliki jika dialami sejak lahir.
  4. Astigmatisme merupakan kelainan yang menyebabkan kornea melengkung dan lensa tidak sempurna merupakan kondisi untuk mengubah letak jatuhnya cahaya di bagian retina sehingga menjadi penyebab penglihatan tersamarkan.

Selain itu, mengalami masalah buta warna merupakan kemampuan mata yang tidak dapat membedakan warna. Penyakit ini terjadi ketika sel warna dan kerucut tidak mampu bekerja normal dan biasanya mengalami buta warna ketika lahir dan berkembang di usia dewasa karena obat-obatan. Glaukoma merupakan penyakit yang menyerang saraf penglihatan karena adanya tekanan dalam bola mata dan berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Berikut adalah cara menjaga kondisi mata diantaranya:

  1. Mencukupi tubuh dengan vitamin A, C serta E dengan zink untuk mengurangi resiko mengalami gangguan retina, dari paprika hijau dan wortel.
  2. Mengonsumsi telur, zucchine dan brokoli dengan kandungan zeaxanthin dan lutein untuk melindungi mata dari efek UV.
  3. Tetap melakukan olahraga karena obesitas serta diabetes tipe 2 akan membuat kerusakan pada jaringan mata dan mengganggu cara melihat.

Tanya dokter mata menjelaskan untuk mengatasi masalah ini gunakan pelindung mata jika sedang berhubungan dengan bahan kimia atau benda tajam termasuk material kecil yang dapat merusak mata. Ikuti konsep 20-20-20 dimana dalam 20 menit berhenti menatap layar lalu berpindah dalam 20 kaki untuk 20 detik. Perhatikan riwayat kesehatan keluarga yang mungkin diturunkan sehingga dapat melakukan pencegahan diawal serta pastikan memegang mata dalam keadaan tangan bersih.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Dokter Mata Tentang Masalah Pada Mata dan Cara Menjaganya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel