Cara Mengelola Keuangan dan Mendapatkan Dana Darurat


Dana darurat merupakan suatu dana yang memiliki jumlah untuk disediakan dan diadakan dalam suatu pengelolaan keuangan yang secara khusus dalam menghadapi berbagai kondisi tidak diinginkan dalam kehidupan. Dana ini biasanya digunakan dalam hal mendadak berbeda dengan tabungan namun tidak mampu diatasi dengan keuangan normal yang sudah dianggarkan sebelumnya. Kebutuhan darurat untuk lajang biasanya memiliki 6 kali lebih besar memiliki jumlah pengeluaran, ketika menikah dengan 9 kali lebih besar untuk kebutuhan rumah tangga dan ketika menikah namun memiliki anak maka kebutuhannya menjadi 12 kali lebih besar dari pengeluaran bulanan.

Berikut adalah kesalahan dalam mengelola uang di usia 30 tahun:

  • Tidak menabung namun sangat penting untuk waktu yang akan datang, hal ini jika memiliki beban dan mempunyai tabungan khusus sehingga diperlukan rencana panjang yang disisihkan.
  • Fokus dengan anak dibandingkan kehidupan pribadi hal ini membuat tidak mempertimbangkan kebutuhan akan pensiun secara berlebihan.
  • Lupa untuk mengurus asuransi yang penting untuk membantu masalah yang mengguncang keuangan di keadaan darurat seperti asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa.
  • Tidak ikut dalam asuransi kecelakaan termasuk asuransi keselamatan kerja terutama jika bekerja di tempat beresiko memberikan masalah keselamatan hidup.
  • Tidak mendiskusikan keuangan dengan keluarga sehingga tidak menemukan resolusi dengan diskusi sehingga akan mudah melakukannya.

Selain itu, perencanaan keuangan lebih sering memikirkan tentang pernikahan dibandingkan masalah yang sedang dihadapi dan menemukan celah untuk solusi baik. Kesalahan lainnya adalah ketika memiliki anak pertama dan membuat pengeluaran untuk anak pertama secara berlebihan dan membuat perlengkapan maupun peralatan lainnya menjadi mubadzir dan tidak dapat digunakan untuk anak selanjutnya atau tidak ingin memiliki anak kedua sehingga sebaiknya pasangan mempertimbangkan untuk menyisihkan uangnya sebagai tabungan. Terlalu ambisi untuk memiliki mobil mewah namun tidak mencukupi sesuai dengan penghasilan saat ini sehingga kondisi keuangan tidak dalam keadaan baik hingga akhirnya menyebabkan utang karena pinjaman.

Berikut adalah cara untuk mendapatkan kebutuhan darurat diantaranya:

  • Cermati pengeluaran dan pendapatan dengan menuliskan rinciannya dan mengetahui nominal dari arus keuangan dengan menentukan berapa jumlah dana, sebaiknya mengumpulkan dana 6 kali dari pendapatan dengan besar 10% dari gaji bulanan yang biasanya berlaku untuk individu maupun belum berkeluarga.
  • Anggap kebutuhan darurat sebagai utang yang harus dilunaskan dan hal ini memudahkan dalam mengumpulkan uang dengan rekening terpisah sebesar 10% sehingga akan membantu kebutuhan masa depan lebih mapan dan aman.
  • Kurangi pengeluaran konsumtif yang menambah pengeluaran atau sifat boros yang membuat apa yang dibeli tidak sesuai dengan keinginan dan perlu mengubah mindset dalam membantu mengatasi masalah keuangan.

Selain itu, miliki asuransi yang diperoleh dan asuransi ini diperlukan untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan. Terutama jika saat ini kebutuhan asuransi lebih dimudahkan dengan akses online dan hanya membutuhkan jaringan internet dan smartphone. Lalu lakukan evaluasi arus keuangan selama 6 bulan sekali dengan mempertimbangkan pemasukan dan pengeluaran keuangan dan pastikan memanfaatkan cicilan dalam belanja kebutuhan untuk menjadi kebutuhan darurat.

Cara untuk mengumpulkan dana darurat adalah disiplin untuk menyisihkan uang sebesar 10% hingga 15% dari penghasilan dan mulai dari jumlah yang kecil dan jika sudah terbiasa maka dapat menambah biayanya. Dapat menggunakan sistem transfer otomatis ketika mendapatkan uang bulanan maka akan segera ditransfer menuju rekening kebutuhan darurat. Selain itu dapat memotong pos pengeluaran yang tidak penting untuk dialokasikan sebagai kebutuhan di masa darurat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengelola Keuangan dan Mendapatkan Dana Darurat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel